PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI MTs NW SUKARARA

AZMI, RAUDATUL (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI MTs NW SUKARARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Experiment design dan menggunakan Nonequivalent control Group Design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar pengetahuan siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di MTs NW Sukarara. Sampel pada penelitian ini sebanyak 46 orang, yang terdiri dari 23 siswa di kelas eksperimen dan 23 siswa di kelas kontrol. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini sebanyak 20 butir soal yang telah memenuhi validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan Uji-t dengan nilai thitung = 4,090 > ttabel = 1,680 pada taraf signifikansi 5%. Artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar pengetahuan siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di MTs NW Sukarara.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, Hasil Belajar Pengetahuan, PPKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 10 Dec 2019 03:07
Last Modified: 10 Dec 2019 03:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15140

Actions (login required)

View Item View Item