PENGEMBANGAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DWP DIKPORA AMPENAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Rosalina, Age (2019) PENGEMBANGAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DWP DIKPORA AMPENAN TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI AGE ROSALINA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan metode sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak usia 5-6 tahun di TK DWP Dikpora Ampenan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari 3 (tiga) tahap pengembangan. Subjek penelitian adalah anak kelompok B yang terdiri dari 10 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pengembangan metode sosiodrama terdiri dari 13 (tiga belas) tahapan bermain drama. (1) Masing-masing peran duduk diposisi yang telah disediakan, (2) Pasien mengambil nomor antrian diloket pendaftaran dan menunggu dipanggil oleh penjaga loket pendaftaran, (3) Penjaga loket pendaftaran memanggil pasien berdasarkan nomor antrian dan menulis nama pasien, (4) Pasien diarahkan oleh suster untuk menimbang berat badan lalu keruang periksa dokter, (5) Suster mencatat berat badan pasien dan mencatatanya dibuku rekam medic, (6) Pasien duduk diruang dokter untuk ditanyakan keluhanny, (7) Dokter meminta pasien untuk berbaring di meja periksa untuk diperiksa penyakitnya dan dokter dibantu oleh suster yang sedang bertugas, (8) Dokter miminta pasien untuk duduk kembali dan memberikan resep obat kepada pasien, (9) Suster mengarahkan pasien untuk ketempat pengambilan obat, (10) Pasien memberikan resep obat dari dokter kepada petugas apoteker, (11) Petugas apoteker menyarankan pasien untuk meminum obat sesuai dengan anjuran dan meminta pasien, (12) Pasien melakukan pembayaran kepetugas kasir, (13) Petugas kasir memberikan pasien resi pembayaran, mengembalikan uang jika diperlukan dan petugas kasir mengucapkan terimakasih kepada pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pengembangan I mencapai presentase 49,83%, sedangkan pada tahap pengembagan II mulai mengalami peningkatan dengan presentase sebanyak 71,42% %. Serta meningkat secara optimal pada tahap pengembangan III dengan presentase mencapai 91,55%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan metode sosiodrama yang dikembangkan dengan langkah-langkah yang tepat dapat meningkatkan kemampuan komunikasi anak usia 5-6 tahun di TK DWP Dikpora Ampenan Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan Komunikasi, Metode Sosiodrama
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Dec 2019 01:34
Last Modified: 12 Dec 2019 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15143

Actions (login required)

View Item View Item