PERAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DEMOKRATIS SISWA (Studi Deskriptif Komparatif di SMK Islam Al-Mujahidin Tempos Gerung Lombok Barat dan di SMAN 2 Lembar Lombok Barat)

Karimah, Maratun (2019) PERAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER DEMOKRATIS SISWA (Studi Deskriptif Komparatif di SMK Islam Al-Mujahidin Tempos Gerung Lombok Barat dan di SMAN 2 Lembar Lombok Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter demokratis siswa (menghargai perbedaan pendapat, terbuka dan menjunjung tinggi nilai-nilai dan martabat manusia, serta menghargai kesamaan), peran guru PPKn sebagai pembimbing dan pengajar dalam mengembangkan karakter demokratis siswa, serta faktor pendukung dan penghambat guru PPKn dalam mengembangkan karakter demokratis siswa di SMK Islam Al-Mujahidin Tempos Gerung Lombok Barat dan di SMAN 2 Lembar Lombok Barat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi dan teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih banyak siswa dan guru di SMK Islam Al-Mujahidin yang memiliki karakter demokratis, melaksanakan perannya sebagai pembimbing dan pengajar dengan baik dan sama-sama memiliki pendukung dan hambatan dalam mengembangkan karakter demokratis siswa dibandingkan dengan siswa dan guru di SMAN 2 Lembar Lombok Barat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Peranan Guru PPKn, Karakter Demokratis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 12 Dec 2019 01:34
Last Modified: 12 Dec 2019 01:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15146

Actions (login required)

View Item View Item