PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS IV SDN 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SEPTIANY, NEVHY ILTY (2019) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BERMAIN PERAN TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS IV SDN 2 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal siswa kelas IV SDN 2 Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat secara teoritis maupun praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen atau Pre-eksperimental tipe one-group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling purposive. Metode pengumpulan data yaitu angket yang digunakan untuk memperoleh data yang berkaitan dengan kecerdasan interpersonal siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan rumus t-test dengan short method untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal siswa. Berdasarkan hasil pretest diperoleh nilai rata-rata 12.83 dengan presentasi 42.78 % dan berkategori “kurang baik”, sedangkan berdasarkan data posttest diperoleh nilai rata-rata kecerdasan interpersonal siswa yaitu 16.91 dengan presentasi 56.38 % dan berkategori “cukup baik”. Hasil pengujian hipotesis diperoleh hasil thitung pada taraf signifikansi 5% dan d.b=11 sebesar 6.45 dengan ttabel 2.20 sehingga dapat diketahui thitung>ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa Ho dinyatakan ditolak dan Ha dinyatakan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan bimbingan kelompok teknik bermain peran terhadap kecerdasan interpersonal siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bimbingan Kelompok, Teknik Bermain Peran, Kecerdasan Interpersonal siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 Dec 2019 02:09
Last Modified: 16 Dec 2019 02:09
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15151

Actions (login required)

View Item View Item