PEMANFAATAN ZONA KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA DI DESA PAKUAN, NARMADA, LOMBOK BARAT DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1990 TENTANG KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM HAYATI DAN EKOSISTEMNYA

SUHARDI, ANDRE RAHMAT (2019) PEMANFAATAN ZONA KAWASAN TAMAN HUTAN RAYA DI DESA PAKUAN, NARMADA, LOMBOK BARAT DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 5 TAHUN 1990 TENTANG KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM HAYATI DAN EKOSISTEMNYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI ANDRE RAHMAT SUHARDI (D1A015023).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui penyebab dialih fungsikannya hutan lindung menjadi Tahura dan untuk mengetahui pemanfaatan Tahura di Desa Pakuan ditinjau dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya serta untuk mengetahui peran serta masyarakat dalam mengelola dan menjaga Tahura di Desa Pakuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris, karena pembahasan penelitian ini untuk menyesuaikan implementasi undang-undang dengan fakta yang dilapangan. Simpulan dari penelitian ini adalah Peralihan fungsi hutan lindung menjadi Tahura di Desa Pakuan dikarenakan pemerintah menganggap daerah Pakuan merupakan daerah yang potensial dijadikan Tahura. Pengaturan pengelolaan Tahura di Desa Pakuan ditinjau dari UU No 5 Tahun 1990 berupa pengaturan pembagian blok-blok yang telah ditentukan. Peran serta masyarakat tercemin dari pengelolaan lahan secara tradisional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Tahura, perubahan, pengelolaan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 16 Dec 2019 07:31
Last Modified: 16 Dec 2019 07:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15159

Actions (login required)

View Item View Item