KAJIAN YURIDIS PENETAPAN NOMOR 183 / PDT.P/2015/ PN.sda TENTANG PENGAKUAN ANAK LUAR KAWIN DITINJAU MENURUT KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA.

SARI, IIN R PUSPITA (2019) KAJIAN YURIDIS PENETAPAN NOMOR 183 / PDT.P/2015/ PN.sda TENTANG PENGAKUAN ANAK LUAR KAWIN DITINJAU MENURUT KITAB UNDANG-UNDANG HUKUM PERDATA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IIN E.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengakuan anak luar kawin ditinjau menurut kitab undang-undang hukum perdata. Metode penelitian dalam penulisan ini adalah penelitian hukum normatif. Hasil penelitian bahwa Adapun mekanisme peangakuan dan pengesahan anak luar kawin diatur dalam pasal 280 sampai dengan pasal 289 KUHPerdata, sertea diatur pula dalam Pasal 49 Dan Pasal 50 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan dan akibat hukum pengakuan hukum anak luar kawin berkaitan dengan ranah perdata, yakni Adanya perwalian dari orang tua yang mengakui, Anak luar kawin yang diakui berhak memakai nama orang tua yang ,Adanya kewajiban alimentasi atau nafkah dari orang tua yang mengakui terhadap anak luar kawin yang diakuinya dan kewajiban tersebut bertimbal balik,Keharusan anak luar kawin untuk meminta izin nikah kepada orang tua yang mengakuinya, Hak mewaris anak luar kawin yang diakui terhadap bapak dan atau ibu yang mengakui dan sebaliknya Sehingga perlunya penyuluhan kepada masyarakat tentang pencatatan kelahiran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pengakuan, anak luar kawin.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Dec 2019 05:29
Last Modified: 18 Dec 2019 05:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15174

Actions (login required)

View Item View Item