PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 5 AMPENAN TAHUN 2018/2019

GAMAWAN, AHMAD (2019) PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 5 AMPENAN TAHUN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 5 Ampenan Tahun 2018/2019. Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya pendekatan dalam pembelajaran, sehingga siswa kurang antusias dalam belajar. Adapun subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 5 Ampenan yang berjumlah 100 siswa, dan obyek penelitian ini adalah pendekatan open-ended terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian jenis quasi exsperimental tipe nonequivalent control group design yang dibagi menjadi dua kelompok yakni kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dimana kedua kelompok diberikan pre-test terlebih dahulu kemudian masing-masing kelompok diberikan perlakuan yaitu pendekatan open-ended pada kelompok eksperimen dan pembelajaran secara konvensional pada kelompok kontrol baru selanjutnya diberikan post-test dengan soal yang sama dengan pre-test. Selanjutnya uji hipotesis yang menggunakan t-tes menunjukan ada pengaruh pendekatan open-ended terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 5 Ampenan Tahun 2018/2019 dimana thitung > ttabel pada post-test hasil belajar kelompok kontrol dan kelompok eksperimen yaitu 2.78 > 1.68 pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 100 (db = n1 + n1 – 2 = 50 + 50 – 2 = 98). Sesuai dengan uji hipotesis jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): open-ended, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Dec 2019 01:35
Last Modified: 19 Dec 2019 01:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15180

Actions (login required)

View Item View Item