ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA SMP DI LOMBOK BARAT

SAPUTRA, I MADE WIJAYA DARMA (2019) ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DAN PROSES PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA SMP DI LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Proses Pembelajaran pada mata pelajaran IPA SMP di Kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah guru di sekolah Negeri dan Swasta yang telah mengimplementasikan Kurikulum 2013. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik stratified random sampling dengan mengambil 15% dari jumlah populasi sebanyak 162, sehingga jumlah sampel yaitu 16 guru sekolah negeri dan 8 guru sekolah swasta. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan Pendekatan Saintifik dalam RPP yaitu sudah masuk kategori sangat baik. Dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan menggunakan pendekatan saintifik memiliki kategori Cukup Baik pada langkah Menanya dan Mengasosiasi. Guru yang menerapkan kegiatan 5M secara lengkap dan berurut hanya 25%, sementara guru yang menerapkan 5M secara lengkap namun tidak berurut yaitu 37.5%, serta guru yang tidak menerapkan 5M secara lengkap yaitu 37.5%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan Saintifik; Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; Pelajaran IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Dec 2019 01:36
Last Modified: 19 Dec 2019 01:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15182

Actions (login required)

View Item View Item