PENERAPAN MODEL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN I SENTELUK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN (INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN I SENTELUK AJARAN 2016/2017 INSIDE OUTSIDE CIRCLE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN I SENTELUK TAHUN

SUAERAH, SUAERAH (2019) PENERAPAN MODEL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN I SENTELUK PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN (INSIDE OUTSIDE CIRCLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN I SENTELUK AJARAN 2016/2017 INSIDE OUTSIDE CIRCLE) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN I SENTELUK TAHUN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III di SDN 1 Senteluk. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran Inside Outside Circle pada siswa kelas III SDN 1 Senteluk tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan evalluasi serta refleksi. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi dan tes. Pada siklus I diperoleh nilai siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 52% dan skor aktivitas belajar siswa sebesar 50 dengan kategori cukup aktif serta skor aktivitas guru sebesar 16 dengan kategori sangat baik. Pada siklus II data keterampilan berbicara, aktivitas belajar siswa, dan aktivitas guru mengalami peningkatan yaitu dengan ketuntasan klasikal 91% dan skor aktivitas belajar siswa sebesar 72 dengan kategori sangat aktif serta skor aktivitas guru sebesar 18 dengan kategori sangat baik. Hal ini membuktikan bahwa penelitian tindakan kelas ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang ingin dicapai. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN 1 Senteluk tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Keterampilan Berbicara; Inside Outside Circle
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Dec 2019 07:58
Last Modified: 19 Dec 2019 07:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15196

Actions (login required)

View Item View Item