PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 6 MATARAM

ZULKIFLI, LALU (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS XI SMAN 6 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI (LALU ZULKIFLI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika, (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar fisika dan (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar fisika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian non- equivalent control group design with pre-test and post-test. Teknik pengambilan sampel digunakan purposive sampling, sehingga terpilih XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan berupa model pembelajaran guided discovery sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan berupa model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian terdiri atas tes kemampuan pemecahan masalah (KPM) berupa tes uraian dan tes hasil belajar berupa tes pilihan ganda untuk pre-tes digunakan materi gerak harmonis sederhana, untuk post-tes digunakan materi elastisitas zat padat, dengan mempertimbangkan validitas, reliabilitas, taraf kesukaran soal dan daya beda soal. Uji analisis hipotesis 1 dan 2 di uji menggunakan uji t sedangkan analisis uji hipotestis 3 menggunakan uji manova bantuan IBM SPSS 23. Hasil uji hipotesis 1 didapatkan thitung sebesar 2,69 dan uji hipotesis 2 didapatkn thitung 2,52 dimana kedua nilai thitung ini lebih tinggi dibandigkan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan nilai dk = 59 yakni 2,001 yang artinya H0 ditolak. Untuk hipotesis 3 didapatakan nilai signifikan 0,004 pada taraf nilai signifikan 0,05 yang artinya H0 ditolak. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik, terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar peserta didik dan terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar fisika peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran guided discovery, kemampuan pemecahan masalah, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Dec 2019 07:58
Last Modified: 19 Dec 2019 07:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15197

Actions (login required)

View Item View Item