ASNI, ASNI (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MATERI POKOK HIDROKARBON PADA KELAS XI PMIPA SMAN 1 WOHA TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Asni (E1M015008).pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar kimia siswa materi pokok hidrokarbon pada kelas XI PMIPA SMAN 1 Woha tahun ajaran 2019/2020. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan rancangan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI PMIPA SMAN 1 Woha yang terdiri dari tujuh kelas, jumlah total siswa 223 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas XI PMIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI PMIPA 6 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh thitung (8,33) > ttabel (2,04) pada taraf signifikan 5 % sehingga Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing memberikan pengaruh yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar kimia siswa materi pokok hidrokarbon pada kelas XI PMIPA SMAN 1 Woha tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Inkuiri terbimbing, hasil belajar, dan hidrokarbon. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 19 Dec 2019 07:58 |
Last Modified: | 19 Dec 2019 07:58 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15199 |
Actions (login required)
View Item |