PENGARUH TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS KELAS V SDN 10 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Yuliana, Hilma (2019) PENGARUH TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN IPS KELAS V SDN 10 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi hilma.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa pada muatan IPS kelas V SDN 10 Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen tipe Quasi Eksperimental Design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 10 Mataram . Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes untuk data hasil belajar IPS siswa yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi uji t-test dengan menggunakan polled varians. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung ≥ ttabel yaitu sebesar 3,322 ≥ 1,994 pada taraf signifikansi 5% (0,05) dengan derajat kebebasan (dk) = n1 + n2 – 2 = 36 + 37 – 2 = 71. Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis, yaitu jika thitung ≥ ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh teknik kancing gemerincing terhadap hasil belajar siswa pada muatan IPS kelas V SDN 10 Mataram tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Teknik kancing gemerincing, Hasil belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Dec 2019 07:58
Last Modified: 19 Dec 2019 07:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15200

Actions (login required)

View Item View Item