PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Eka Marlina Sri Dewi, Eka Marlina Sri Dewi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Eka Marlina Sri Dewi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan model pembelajaran dan media yang tepat saat pembelajaran, sehingga berdampak pada hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pair check berbantuan media flash card terhadap hasil belajar IPA Kelas IV SD Gugus V Ampenan Tahun Pelajaran 2018/2019. Desain penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eskperimen desain tipe nonequivalent control group design. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah nonprobality sampling tipe purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Gugus V Ampenan, yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas IVB SDN 30 Ampenan, dan kelas kontrol kelas IVC SDN 9 Ampenan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata post-test hasil belajar IPA siswa kelas IVB SDN 30 Ampenan yang menerapkan model pembelajaran pair check berbantuan flash card, yakni 79,71. Nilai rata-rata post-test hasil belajar IPA siswa kelas IVC SDN 9 Ampenan yang menerapkan model konvensional dengan teknik tanya jawab dan penugasan, yakni 73,28. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa yang menerapkan model pembelajaran pair check berbantuan flash card dibanding dengan yang menerapkan model konvensional dengan teknik tanya jawab dan penugasan. Data hasil belajar IPA di analisis dengan Uji t sampel independen dengan bantuan program analisis statistik SPSS 21.0 for Windows dengan taraf signifikan 5% atau 0,05, diperoleh hasil ttest ˂ 0,05 (ttest = 0,015), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran pair check berbantuan flash card terhadap hasil belajar IPA Kelas IV SD Gugus V Ampenan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran Pair Check, Media flash card, Hasil ……………………Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Dec 2019 07:58
Last Modified: 19 Dec 2019 07:58
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15201

Actions (login required)

View Item View Item