IDENTIFIKASI SUHU DAN SALINITAS AIR LAUT PADA LOKASI BUDIDAYA RUMPUT LAUT MENGGUNAKAN SENSOR DS18B20 DAN SENSOR SALINITAS

ILHAM, MUHAMMAD (2019) IDENTIFIKASI SUHU DAN SALINITAS AIR LAUT PADA LOKASI BUDIDAYA RUMPUT LAUT MENGGUNAKAN SENSOR DS18B20 DAN SENSOR SALINITAS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI VIKS MUHAMMAD ILHAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi laju pertumbuhan rumput laut yaitu faktor lingkungan perairan seperti suhu dan salinitas. Pembuatan alat ukur suhu dan salinitas yang portabel memungkinkan mengukur, dan mengklasifikasi suhu dan salinitas pada lokasi budidaya rumput laut yang memiliki ketelitian tinggi sebagai upaya peningkatan produksi rumput laut. Pengukuran kualitas perairan menggunakan alat portabel yang dibuat melalui rancangan instrumen terdiri dari sensor suhu dan salinitas, arduino uno 328P, data logger, catu daya, dan kabel penghubung yang dirangkai menjadi satu sehingga jadilah alat ukur suhu dan salinitas air laut yang portabel. Pengujian alat portabel ini dilakukan di lokasi budidaya rumput laut yang ada di perairan Teluk Saleh tepatnya di Desa Labuhan Aji. Dari hasil pengujian didapatkan kualitas perairan yaitu suhu dan salinitas di enam lokasi berbeda, dimana enam lokasi tersebut masih dalam kesesuaian untuk berbudidaya rumput laut dengan suhu rata-rata 28 o C dan salinitas 32 ppt. Dari hasil pengujian tersebut alat ukur suhu dan salinitas yang portabel dapat dibuat sendiri dengan ketelitian tinggi yang dapat digunakan oleh masyarakat pesisir sebagai upayah peningkatan produksi rumput laut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Alat ukur portabel, kualitas perairan, lokasi budidaya
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 19 Dec 2019 07:57
Last Modified: 19 Dec 2019 07:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15203

Actions (login required)

View Item View Item