PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, RECITE, REFLECT, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS X SMKN 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019

AL BADAWI, AHMAD AL (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, RECITE, REFLECT, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS X SMKN 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
skripsi fix pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian true eksperimen dengan pre test dan post test control group design. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review) terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas X SMKN 7 Mataram. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 orang pada kelas eksperimen dan 36 orang pada kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda sebanayak 25 soal yang telah memenuhi uji validitas item soal, reliabilitas , daya beda dan tingkat kesukaran. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh Nilai = 2,86 > = 1,667, pada taraf signifikansi 5%, artinya hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review) terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas X SMKN 7 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review), Hasil Belajar, PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 20 Dec 2019 08:17
Last Modified: 20 Dec 2019 08:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15209

Actions (login required)

View Item View Item