IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEARIFAN LOKAL DI SDN 25 AMPENAN KECAMATAN SEKARBELA KOTA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MUTHMAINNAH, RETNO AYU (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEARIFAN LOKAL DI SDN 25 AMPENAN KECAMATAN SEKARBELA KOTA MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FIXS OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter melalui kearifan lokal di SDN 25 Ampenan Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dan metode deskriptif, yaitu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya. Istrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Bentuk-bentuk kearifan lokal yang diterapkan yaitu nilai dasar masyarakat Sasak, kehidupan masyarakat, tradisi, khasanah kehidupan, permainan traisional. Pelaksanaan implementasi pendidikan karakter melalui kearifan lokal di SDN 25 Ampenan dilakukan dengan beberapa cara: 1) manajemen sekolah yang berkarakter, 2) integrasi Pendidikan karakter dalam proses pembelajaran, 3) pengembangan budaya sekolah berbasis pendidikan karakter, 4) integrasi melalui ekstrakulikuler, 5) olahraga dan permainan tradisional, 6) kunjungan ke museum, dan 7) jalan- jalan disekitar lingkungan sekolah.. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam implementasi pendidikan karakter melalui kearifan lokal di SDN 25 Ampenan yaitu: 1) Religius: percaya diri, anti buli/kekerasan, 2) Nasionalis: apersepsi budaya,taat hukum, disiplin, 3) Mandiri: kerja keras, kreatif, 4) Gotong royong: kerja sama, solidaritas, empati, 5) Integritas: tanggung jawab.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendidikan Karakter dan Kearifan Lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 20 Dec 2019 09:10
Last Modified: 20 Dec 2019 09:10
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15213

Actions (login required)

View Item View Item