PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MEDIA EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA SMAN 1 GUNUNG SARI

ARZAK, FATIH (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MEDIA EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA SMAN 1 GUNUNG SARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI FATIH ARZAK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry training berbantuan media Edmodo terhadap hasil belajar sosiologi siswa SMAN 1 Gunung Sari. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Eksperiment dengan design pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas XI IPS di SMAN 1 Gunung Sari dan sampel sebanyak dua kelas yang diambil dengan random sampling setelah dilakukan penyepadanan kelas yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrument pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda 23 soal yang memenuhi validitas dan reliabilitas. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t menunjukkan bahwa thitung hasil belajar sosiologi sebesar 0,03 < dari ttabel sebesar 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry training berbantuan media Edmodo terhadap hasil belajar sosiologi siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Inquiry Training, Edmodo, Hasil Belajar Sosiologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 23 Dec 2019 05:07
Last Modified: 23 Dec 2019 05:07
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15220

Actions (login required)

View Item View Item