STUDY THE QUALITY OF DRINKING WATER OF BALI CATTLE RAISED IN COLLECTIVE HOUSING SYSTEMS IN LOMBOK BARAT REGENCY

ROHMAN, WANDI (2019) STUDY THE QUALITY OF DRINKING WATER OF BALI CATTLE RAISED IN COLLECTIVE HOUSING SYSTEMS IN LOMBOK BARAT REGENCY. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
THESIS WANDI ROHMAN (B1D015249) STUDY THE QUALITY OF DRINKING WATER OF BALI CATTLE RAISED IN COLLECTIVE HOUSING SYSTEMS I~1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Air sangat esensial untuk kehidupan ternak, manusia dan tanaman. Memahami kualitas air minum ternak sapi bali yang dipelihara di kandang kelompok yang berlokasi di wilayah Kabupaten Lombok Barat merupakan suatu hal yang subtansial untuk diketahui dan diteliti. Penelitian ini dilakukan dengan metode purpose sampling untuk mengumpulkan contoh air minum ternak sapi bali dari tiga kandang kelompok yang memiliki sumber air yang berbeda, yaitu perigi (Lingkok bahasa local), sungai, dan sumur. Parameter yang dipelajari dan diukur pada penelitian ini adalah suhu, pH, total padatan terlarut (TPT), oksigen terlarut (OT), salinitas, kebutuhan oksigen kimia (KOK) dan kebutuhan oksigen biologi (KOB). Data yang terkumpul dari parameter yang diukur dihitung dengan metode statistika yakni Arithmaticsm mean (mean ± SD). Hasil dari perhitungan ini dikategorikan menjadi tingkat polusi kualitas air minum dengan indicator KOK dan KOB. Semua hasil pengukuran dibandingkan dengan yang sama yd ditetapkan dalam Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Standar Internasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa air minum ternak sapi bali mempunyai tingkat polusi yang tinggi dengan nilai rata-rata kadar KOK sebesar 43,32±5.88 mg/L and KOB sebesar 9,46±5,27 mg/L, melebihi batas standar dengan perolehan. Rata-rata suhu sebesar 26,07±0.77°C, pH 6,41±0.28 OT 5,19±0.52 mg/L, Salinitas 0,00±0,00 mg/L dan TPT sebesar 217,60±71,94 mg/L. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kualitas air yang diminum oleh sapi bali di wilayah pengamatan berada di bawah standar kualitas dan standar kesehatan air minum. Dengan kata lain, air minum yang dikonsumsi oleh ternak sapi bali tidak memenuhi standar kualitas air minum untuk ternak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): air, kebutuhan oksigen kimia, kebutuhan oksigen biologi, kandang kelompok.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 26 Dec 2019 02:00
Last Modified: 26 Dec 2019 02:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15223

Actions (login required)

View Item View Item