PEMBAYARAN JASA LINGKUNGAN KARBON DENGAN SKEMA PLAN VIVO DI HUTAN KEMASYARAKATAN AIK BUAL KECAMATAN KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Safitri, Ayu (2019) PEMBAYARAN JASA LINGKUNGAN KARBON DENGAN SKEMA PLAN VIVO DI HUTAN KEMASYARAKATAN AIK BUAL KECAMATAN KOPANG KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
skripsi ayu pdf FIXXX.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lombok adalah salah satu di wilayah di Indonesia yang telah menempatkan Pembayaran Jasa Lingkungan dalam konteks kawasan, khususnya skema jasa karbon. HKm Aik Bual merupakan salah satu unit pengelolaan hutan untuk masyarakat yang telah menerapkan program REDD+ maupun PES (payment ecosystem services) dengan skema Plan Vivo. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui proses implementasi pembayaran jasa lingkungan karbon dengan skema plan vivo di HKm aik bual dan mengetahui keterlibatan dan peran para pihak dalam mekanisme pembayaran jasa lingkungan karbon dengan skema plan vivo di HKm aik bual. Tahapan Pembayaran Jasa Lingkungan Karbon dengan skema Plan Vivo di HKm Aik Bual : 1).FPIC (Free, Prior and Informed Consent) merupakan bentuk persetujuan tanpa paksaan oleh masyarakat atas skema yang akan diterapkan. 2). PIN (Project Idea Note) 3).PDD (Project Desain Document) 4). Sosialisasi terkait keberadaan kelompok HKm Aik Bual yang menjalankan skema Plan Vivo kemudian adanya kesepakatan kontrak PES antara penyandang dana dengan Kelompok Tani Hutan Aik Bual dengan proporsi pembagian 70% untuk anggota KTH, 15% untuk KTH, 15% untuk Pemerintah Desa. Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam implementasi PES dengan Skema Plan Vivo adalahKelompok Tani Hutan sebagai penerima insentif dan pelaku langsung dilapangan, Plan Vivo sebagai Yayasan pengelolah standar, Pemerintah Desa sebagai pendukung monitoring dan evaluasi kegiatan. Stakeholder yang termasuk dalam pihak sekunder adalah Lembaga FFI, Lembaga GAIA memiliki peran sebagai fasilitator dan pendamping KTH, BKPH Rinjani Barat Pelangan Tastura, Program Studi Kehutanan memiliki peran pendukung dalam pemberian izin dan pendampingan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): HKm, Pembayaran Jasa Lingkungan, Karbon
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:19
Last Modified: 06 Jan 2020 08:19
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15232

Actions (login required)

View Item View Item