POLA PENGGUNAAN RUANG DAN WAKTU RUSA TIMOR (Rusa timorensis) TERHADAP JENIS KELAMIN DI PENANGKARAN WISMA DAERAH KABUPATEN SUMBAWA

ALI, LELA UTAMI (2019) POLA PENGGUNAAN RUANG DAN WAKTU RUSA TIMOR (Rusa timorensis) TERHADAP JENIS KELAMIN DI PENANGKARAN WISMA DAERAH KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian tentang pola penggunaan ruang dan waktu pada Rusa Timor diharapkan dapat memberikan informasi lebih kepada pihak pengelola untuk meningkatkan kualitas penangkaran dan pemeliharaan Rusa yang lebih baik kedepannya sehingga dapat mencegah terjadinya kepunahan. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penggunaan ruang dan waktu Rusa timor pada habitat manipulasi dengan berbagai tipe ruang dan hubungan antara jenis kelamin Rusa timor terhadap pola penggunaan ruang dan pola penggunaan waktu di penangkaran Wisma Daerah Sumbawa. Penelitian ini menggunakan metode focal animal sampling dan ethogram untuk mencatat perilaku harian Rusa timor. Penelitian dilakukan selama 14 Hari dengan 3 periode pembagian waktu yaitu pagi, siang dan sore hari dengan interval waktu 5 menit, serta analisis data menggunakan Chi Square (X2 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari seluruh periode pengamatan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas harian Rusa timor terkonsentrasi pada tipe ruang di bawah naungan pohon dibandingkan dengan tipe ruang lainnya. Aktivitas tertinggi terjadi pada waktu sore menjelang malam (16.00-18.00 WITA) dengan jenis aktivitas yaitu ingestif, istirahat dan lokomosi. Terdapat hubungan antara pemanfaatan ruang dengan jenis kelamin pada pagi dan siang hari, serta terdapat hubungan antara pemanfaatan waktu dengan jenis kelamin pada pagi dan sore hari.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Rusa Timor, Penangkaran, Perilaku
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 06 Jan 2020 08:16
Last Modified: 06 Jan 2020 08:16
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15245

Actions (login required)

View Item View Item