IDENTIFIKASI DAN ANALISIS PROSES BERPIKIR MAHASISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH ALJABAR LINIER

Arjudin, Arjudin and Subarinah, Sri and Suryadi, Rahadi IDENTIFIKASI DAN ANALISIS PROSES BERPIKIR MAHASISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH ALJABAR LINIER. In: 1st Annual Conference on Education and Social Siences (ACCESS) 2019, 11-12 Oktober 2019, Dome Sunarpi, Universitas Mataram.

[img] Text (Paper ACCESS 2019)
makalah access 2019.pdf

Download (984kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis proses berpikir mahasiswa dalam pemecahan masalah aljabar linier berdasarkan empat tingkat berpikir, yaitu mengingat (recall thinking), berpikir dasar (basic thinking), berpikir kritis (critical thinking), dan berpikir kreatif (creative thinking). Jenis penelitian adalah deskriptif eksploratif dengan mix method kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa program studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mataram yang menempuh mata kuliah Aljabar Linier pada semester gasal 2018/2019 yang terdiri dari dua kelas, yaitu satu kelas reguler pagi dan satu kelas regular sore. Metode pengumpulan data melalui pemberian tes berupa masalah pada lingkup materi aljabar linier, dilanjutkan dengan angket refleksi pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kuantitatif kemampuan mahasiswa dalam pemecahan masalah aljabar linier masih cenderung rendah. Dari analisis proses berpikir diperoleh bahwa subjek penelitian pada kategori tinggi maka tingkat berpikirnya cenderung mendekati tingkat berpikir kreatif, sedangkan subjek pada kategori sedang maka tingkat berpikirnya cenderung pada tingkat berpikir kritis. Adapun subjek pada kategori rendah diperoleh bahwa tingkat berpikirnya cenderung pada tingkat berpikir dasar. Penelitian ini terbatas hanya pada lingkup mengidentifikasi klasifikasi tingkat berpikir mahasiswa. Di waktu mendatang, hasil penelitian ini dapa ditindaklanjuti dengan mengkarakterisasai proses berpikir mahasiswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Speech)
Keywords (Kata Kunci): identifikasi, analisis, proses berpikir, aljabar linier.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. Arjudin M.Si.
Date Deposited: 14 Jan 2020 04:17
Last Modified: 14 Jan 2020 04:17
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15250

Actions (login required)

View Item View Item