HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG ROKOK TERHADAP PERILAKU MEROKOK PADA SISWA PUTRA PEROKOK DI SMAN 4 MATARAM Diajukan Sebagai Syarat Meraih Gelar Sarjana Pada Fakultas Kedokteran Universitas Mataram

Yahya, Izzatul Utami (2020) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG ROKOK TERHADAP PERILAKU MEROKOK PADA SISWA PUTRA PEROKOK DI SMAN 4 MATARAM Diajukan Sebagai Syarat Meraih Gelar Sarjana Pada Fakultas Kedokteran Universitas Mataram. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH KTI - IZZATUL UTAMI YAHYA (H1A016044).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendahuluan: Merokok merupakan masalah yang masih sulit diselesaikan. Ada banyak faktor yang mendorong kalangan remaja untuk merokok. Salah satu yang mempengaruhi kebiasaan tersebut adalah tingkat pengetahuan tentang bahaya rokok. Perilaku merokok pada remaja merupakan perilaku simbolisasi untuk menunjukkan kematangan, kekuatan, kepemimpinan, dan daya tarik terhadap lawan jenis. Selain itu, perilaku merokok juga bertujuan untuk mencari kenyamanan karena dengan merokok dapat mengurangi ketegangan dan memudahkan berkonsentrasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mencari hubungan antara tingkat pengetahuan tentang rokok terhadap perilaku merokok pada siswa putra perokok di SMAN 4 Mataram. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain studi cross sectional. Responden penelitian ini terdiri dari 75 orang. Responden dipilih menggunakan cara non probability sampling dengan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan penelitian ini yaitu pengisian kuesioner. Analisis statistik yang digunakan adalah analis univariat serta analisis bivariat menggunakan metode korelasi Spearman. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 47 responden (62,7%) memiliki pengetahuan yang baik tentang rokok dan sebanyak 39 responden (52%) menjadi perokok ringan. Nilai korelasi menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan (p = 0,045) dengan arah hubungan yang negatif dan sangat lemah antara tingkat pengetahuan tentang rokok responden terhadap perilaku merokok responden (r = -0,232). Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan tentang rokok terhadap perilaku merokok pada siswa putra perokok di SMAN 4 Mataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pengetahuan, perilaku merokok, rokok, siswa putra
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 21 Jan 2020 08:36
Last Modified: 21 Jan 2020 08:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15257

Actions (login required)

View Item View Item