KINERJA CAMPURAN LASTON AC-WC DENGAN ASPAL MODIFIKASI SERBUK SERAT PELEPAH BATANG PISANG DAN MINYAK JELANTAH Performance of Asphalt Concrete Wearing Course with Modified Asphalt Fiber Powder of Banana Stems and Recycled Frying Oil

ISOLIHATI, AULIYA (2020) KINERJA CAMPURAN LASTON AC-WC DENGAN ASPAL MODIFIKASI SERBUK SERAT PELEPAH BATANG PISANG DAN MINYAK JELANTAH Performance of Asphalt Concrete Wearing Course with Modified Asphalt Fiber Powder of Banana Stems and Recycled Frying Oil. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR AULIYA ISOLIHATI (F1A115009) PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pertumbuhan volume lalu lintas yang meningkat memberikan dampak terhadap permintaan akan pembangunan struktur perkerasan jalan dan material yang digunakan. Seringnya lapis permukaan mengalami kerusakan, jadi untuk mencegah terjadinya kerusakan dini pada perkerasan jalan yaitu dengan meningkatkan mutu aspal sebagai bahan pengikat agregat. Solusi penggunaan bahan tambah sering digunakan untuk menaikkan mutu aspal, bahan tambah dari alam yang didapatkan dari bahan daur ulang seperti pelepah batang pisang dan minyak jelantah. Pengujian yang dilakukan pada campuran beraspal menggunakan aspal murni ditambahkan dengan serbuk serat pelepah batang pisang 0,1% dan penambahan variasi persentase minyak jelantah terhadap aspal modifikasi meliputi pemeriksaan fisik aspal, volumetrik dan pemeriksaan mekanis campuran aspal dengan pengujian marshall standard dan marshall immersion. Berdasarkan analisis, penambahan serbuk serat pelepah batang pisang 0,1% dan minyak jelantah dengan variasi 0,5%; 0,75%; 1,0%; dan 1,25% mampu meningkatkan nilai VFB dan flow, sedangkan untuk nilai VMA, VIM, stabilitas, dan MQ mengalami penurunan seiring dengan bertambahnya variasi minyak jelantah. Berdasarkan dari empat variasi minyak jelantah, yang menghasilkan nilai indeks kekuatan sisa (IKS) didapatkan nilai optimum sebesar 96,7466 % pada penambahan kadar minyak jelantah 0,75% terhadap aspal modifikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aspal modifikasi, kinerja campuran AC-WC, stabilitas.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Jan 2020 01:48
Last Modified: 24 Jan 2020 01:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15261

Actions (login required)

View Item View Item