KINERJA CAMPURAN LASTON AC-WC DENGAN ASPAL MODIFIKASI SERBUK SERAT PELEPAH BATANG PISANG DAN MINYAK PELUMAS BEKAS Performance of Asphalt Concrete Wearing Course with Modified Asphalt of Banana Stems Fiber Powder and Used Lubricating Oil

Anisyah, Anisyah (2020) KINERJA CAMPURAN LASTON AC-WC DENGAN ASPAL MODIFIKASI SERBUK SERAT PELEPAH BATANG PISANG DAN MINYAK PELUMAS BEKAS Performance of Asphalt Concrete Wearing Course with Modified Asphalt of Banana Stems Fiber Powder and Used Lubricating Oil. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR ANISYAH (F1A 115 006).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Seringnya terjadi kerusakan lapis permukaan jalan berupa keretakan sebelum masa layan berakhir, menimbulkan suatu pemikiran perlunya dicarikan solusi penggunaan bahan tambah pada aspal untuk meningkatkan mutu aspal dengan menambahkan serbuk serat pelepah batang pisang dan minyak pelumas bekas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan alat uji Marshall yang dilakukan di laboratorium dengan membuat 3 (tiga) sampel di setiap variasi kadar minyak pelumas bekas dengan menggunakan variasi persentase sebesar 0%; 0,5%; 1%; 1,5; dan 2% terhadap berat aspal dan persentase serbuk serat pelepah batang pisang sebesar 0,1% terhadap berat aspal. Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan sifat fisik aspal, volumetrik dan mekanis. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa dengan penambahan minyak pelumas bekas dan serbuk serat pelepah batang pisang mengakibatkan turunnya nilai VMA, VIM, stabilitas dan nilai MQ serta menaiknya nilai flow dan VFB seiring meningkatnya kadar minyak pelumas bekas. Didapatkan nilai optimum sebesar 95,449% berdasarkan indeks kekuatan sisa (IKS) pada aspal modifikasi serbuk serat pelepah batang pisang 0,1% dan minyak pelumas bekas sebesar 1% terhadap berat aspal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Aspal Modifikasi, Kinerja Campuran AC-WC, Stabilitas.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 24 Jan 2020 01:48
Last Modified: 24 Jan 2020 01:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15262

Actions (login required)

View Item View Item