PERENCANAAN ULANG JEMBATAN MENINTING DENGAN BANGUNAN ATAS MENGGUNAKAN PRECAST U GIRDER Redesign of Meninting Bridge with Upper Building Using Precast U Girder

PURWANINGRUM, RAGITA (2020) PERENCANAAN ULANG JEMBATAN MENINTING DENGAN BANGUNAN ATAS MENGGUNAKAN PRECAST U GIRDER Redesign of Meninting Bridge with Upper Building Using Precast U Girder. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RAGITA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)

Abstract

Jembatan Meninting merupakan akses utama untuk menuju kawasan wisata Senggigi Kecamatan Batulayar, Lombok Barat dan sekitarnya. Jembatan yang telah ada sebelumnya sudah tidak mampu lagi untuk melayani arus lalu lintas pada saat puncak liburan dengan baik, sehingga diperlukan adanya pembangunan jembatan baru. Jembatan Meninting memiliki bentang 60 m yang dilengkapi dengan pilar sehingga bentang jembatan terbagi menjadi 2 yaitu bentang 35 m dan 25 m. Jembatan ini menggunakan penegangan sistem pascatarik (post-tension) , Tujuan penggunaan konstruksi ini agar mampu menahan lendutan, geser, dan torsi secara lebih efektif. Perencanaan jembatan meninting ini dimulai dengan mengumpulkan data yang dibutuhkan. Dari data yang telah didapatkan lalu dilakukan Preliminary design penampang dan menghitung pembebanan. Pada thap awal perencanaan dilakukan analisa beban yang terjadi antara lain analisa beban sendiri (MBs), beban mati sendiri (MS), beban mati tambahan ( MA), beban lajur “D” (TD), beban angin (EW) dan beban gempa (EQ). Berdasarkan hasil analisis menggunakan Segmental U Girder produksi Wika Beton, pada bentang 35 m dengan tinggi 1,65 m dan 6 buah tendon dengan 54 strands (9 strands per tendon). Sedangkan untuk bentang 25 m menggunakan U Girder dengan tinggi 1,40 m dan 4 buah tendon dengan 36 strands (9 strands per tendon). Semua U Girder menggunakan jenis strands seven wire strands according to prEN 10138-3 dari standar spesifikasi BBR VT CONA CMI SP dengan diameter strands 15,3 mm dan diameter duct 60 mm. Total kehilangan gaya prategang pada bentang 35 m adalah 23,05% sebesar 2284,44 kN dan pada bentang 25 m adalah 17,91% sebesar 793,95 kN. Jembatan menggunakan abutment dengan tinggi 7,5 m menggunakan mutu beton f’c 20,83 MPa dan mutu baja fy 320 MPa. Untuk pondasi digunakan pondasi tiang pancang berdiameter 0,45 m sebanyak 15 buah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Segmental U Girder, Beton prategang, sistem pascatarik, Jembatan Meninting.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:11
Last Modified: 28 Jan 2020 02:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15270

Actions (login required)

View Item View Item