PENERAPAN MANAJEMEN LALU LINTAS DENGAN MENINGKATKAN KINERJA SIMPANG (Studi Kasus Simpang Bersinyal Cakranegara Timur, Mataram, Nusa Tenggara Barat) APPLICATION OF TRAFFIC MANAGEMENT BY INCREASING INTERSECTION PERFORMANCE (Case Study Of Signaled Intersection In East Cakranegara, Mataram, West Nusa Tenggara)

Astuti N.A, Baiq Dian Juni (2020) PENERAPAN MANAJEMEN LALU LINTAS DENGAN MENINGKATKAN KINERJA SIMPANG (Studi Kasus Simpang Bersinyal Cakranegara Timur, Mataram, Nusa Tenggara Barat) APPLICATION OF TRAFFIC MANAGEMENT BY INCREASING INTERSECTION PERFORMANCE (Case Study Of Signaled Intersection In East Cakranegara, Mataram, West Nusa Tenggara). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Simpang Empat Cakranegara merupakan simpang bersinyal yang terdiri dari empat ruas jalan yaitu Jl. Pejanggik, Jl. Sultan Hasanudin, Jl. AA Gede Ngurah, Jl. Selaparang dengan pengaturan lampu lalu lintas dua fase, yaitu pada jalan Pejanggik dan Selaparang. Pada ruas Jl. Selaparang terjadi arus lalu lintas yang tidak lancar oleh aktifitas pada sisi jalan berupa aktifitas pasar dan pertokoan yang menggunakan bahu dan badan jalan. Agar kinerja pada simpang menjadi lebih baik, maka penelitian ini bertujuan menemukan alternatif sebagai solusi untuk meningkatkan kinerja simpang. Alternatif yang dilakukan dengan tidak memperbolehkan semua kendaraan atau membatasi jenis kendaraan yang datang dari Jl. Pejanggik menuju Jl. Selaparang. Variabel yang digunakan untuk menganalisis kinerja simpang pada penelitian ini adalah volume dan kapasitas, dimana volume kendaraan diperoleh dari survei langsung dilapangan dan dianalisis menggunakan metode PKJI 2014. Hasil analisis pada kondisi eksisting diperoleh nilai derajat kejenuhan >0,85, hal ini dapat diartikan simpang tersebut belum optimal. Penerapan alternatif dengan tidak memperbolehkan semua kendaraan atau membatasi jenis kendaraan yang datang dari Jl. Pejanggik menuju Jl. Selaparang dengan persentase kendaraan berbelok ke utara dan selatan yaitu 50% ; 50%, 75% ; 25%, 100%;0% , memperoleh nilai derajat kejenuhan <0,85 yang artinya kinerja simpang cukup baik. Sehingga penerapan pengelolaan simpang dengan alternatif tersebut perlu dilakukan uji coba.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Simpang Bersinyal, Kinerja Simpang,Derajat Kejenu
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:11
Last Modified: 28 Jan 2020 02:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15272

Actions (login required)

View Item View Item