ANALISIS METODE REKONSTRUKSI STRUKTUR JEMBATAN BEBURUNG 1 KABUPATEN LOMBOK TIMUR PASCA GEMPA LOMBOK 2018 Analysis Of Reconstruction Method Of the Beburung 1 Bridge Structure In East Lombok Regency After Lombok Earthquake 2018

HIDAYATULLAH, TRY (2020) ANALISIS METODE REKONSTRUKSI STRUKTUR JEMBATAN BEBURUNG 1 KABUPATEN LOMBOK TIMUR PASCA GEMPA LOMBOK 2018 Analysis Of Reconstruction Method Of the Beburung 1 Bridge Structure In East Lombok Regency After Lombok Earthquake 2018. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tugas Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Bencana gempa lombok 2018 mengakibatkan kerusakan pada beberapa bangunan publik, termasuk jembatan. Salah satu jembatan yang mengalami kerusakan akibat bencana gempa bumi tersebut adalah Jembatan Beburng 1 Lombok Timur. Akibat bencana gempa jembatan dalam komdisi baik, namun terjadi kerusakan pada abutmen, pilar, bergesernya balok kearah samping sebesar ±10 cm dan kerusakan pada tumpuan karet (elastomeric bearing). Dalam penelitian ini dilakukan pemeriksaan kondisi jembatan secara utuh dengan melihat langsung struktur yang rusak dan evaluasi keamanan strukturnya. Dalam rangka evaluasi keamanan dilakukan re-analisis yang didasarkan pada kondisi strukturnya. Dari evaluasi keamanan disampaikan rekomendasi penanganan jembatan berupa perbaikan, perkuatan struktur dan metode pengangkatan pergeseran jembatan. Dari hasil analisi di dapatkan kuat geser nominal (Vn) dari balok melintang kurang dari gaya geser batas (Vu) akibat beban luar dan kuat tumpu nominal (Rn) kurang dari kuat tumpu perlu (Pu), maka perlu perkuatan pada balok dengan tebal badan awal 10 mm di tambah dengan hasil perkuatan sebesar 8 mm. Sehingga pelat badan sebesar tw1 + tw2 = 18 mm. Untuk keamanan pada saat jacking diperlukan pelat pengaku dengan lebar pengaku sebesar 60 mm dan tebal pengaku sebesar 5 mm. Metode perbaikan atau perkuatan beserta spesifikasi teknisnya dan metode pelaksanaannya dengan cara pengangkatan dan pergseran balok jembatan ke posisi semula, serta perbaikan dan penggantian tumpuan karet (elastomeric bearing).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Jembatan, Kerusakan, Gempa, Re-analisis, Evaluasi Keamanan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:11
Last Modified: 28 Jan 2020 02:11
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15274

Actions (login required)

View Item View Item