PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KECEPATAN, VOLUME DAN TUNDAAN LALU LINTAS PADA JARINGAN JALAN SEARAH DAN DUA ARAH TANPA (The Influence of Side Friction on Speed, Flow and Traffic Delay at the Un-Median Roads with One Way and Two Way Traffic System) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KECEPATAN, VOLUME DAN TUNDAAN LALU LINTAS PADA JARINGAN JALAN SEARAH DAN DUA ARAH TANPA MEDIAN The Influence of Side Friction on Speed, Flow and Traffic Delay at Median Roads with One Way and Two Way Traffic System) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KECEPATAN, VOLUME DAN TUNDAAN LALU LINTAS The Influence of Side Friction on Speed, Flow and Traffic Delay at Median Roads with One Way and Two Way Traffic System)

OCTAVIA, DITA (2020) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KECEPATAN, VOLUME DAN TUNDAAN LALU LINTAS PADA JARINGAN JALAN SEARAH DAN DUA ARAH TANPA (The Influence of Side Friction on Speed, Flow and Traffic Delay at the Un-Median Roads with One Way and Two Way Traffic System) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KECEPATAN, VOLUME DAN TUNDAAN LALU LINTAS PADA JARINGAN JALAN SEARAH DAN DUA ARAH TANPA MEDIAN The Influence of Side Friction on Speed, Flow and Traffic Delay at Median Roads with One Way and Two Way Traffic System) PENGARUH HAMBATAN SAMPING TERHADAP KECEPATAN, VOLUME DAN TUNDAAN LALU LINTAS The Influence of Side Friction on Speed, Flow and Traffic Delay at Median Roads with One Way and Two Way Traffic System). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DITA OCTAVIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Di sepanjang ruas jalan Dr.Wahidin banyak terdapat pertokoan yang tidak memiliki lahan parkir yang cukup sehingga banyak kendaraan yang parkir di bahu jalan bahkan di badan jalan. Adanya pejalan kaki yang menyeberang jalan dan aktifitas kendaraan yang keluar/masuk jalan menyebabkan menurunnya kecepatan lalu lintas, dan kapasitas jalan sehingga pada jam-jam tertentu sering terjadi kemacetan. Adapun pada jalan Catur Warga terdapat sekolah, rumah sakit dan pertokoan yang tidak memiliki lahan parkir yang cukup, banyak kendaraan yang menurunkan dan menaikkan penumpang dan kendaraan yang keluar masuk sisi guna lahan jalan. Sehingga menyebabkan berkurangnya kecepatan pengendara. Penelitian ini menganalisa hambatan samping, volume, kecepatan, dan tundaan pada ruas jalan Catur Warga dan Dr.Wahidin. Total dari hambatan samping ini akan digunakan untuk menganalisis seberapa besar pengaruhnya terhadap volume, kecepatan dan tundaan pada ruas jalan yang diteliti dengan metode MKJI 1997. Hasil analisis pada jalan searah yaitu jalan Catur Warga memiliki hambatan samping, volume, kecepatan dan tundaan secara berturut-turut yaitu sebesar 790,7 kejadian/jam, 1533,75 smp/am, 46,08 km/jam, 16,63 det/smp. Sedangkan pada jalan dua arah yaitu jalan Dr.Wahidin memiliki hambatan samping, volume, kecepatan dan tundaan secara berturut-berturut sebesar 403,1 kejadian/jam, 1916,15 smp/jam, 38,58 km/jam, dan 17,00 det/smp. Dari hasil analisis regresi, hambatan samping berpengaruh sangat signifikan terhadap volume lalu lintas, kecepatan dan tundaan. Dapat dilihat dari (r) berada pada rentang 0,7 < r < 0,9 dimana angka tersebut menunjukkan pengaruh yang kuat dan 0,9 < r < 1 menunjukkan pengaruh yang sangat kuat. Hasil analisis regresi secara parsial menunjukkan pada jalan Catur Warga variabel hambatan samping yang paling berpengaruh terhadap volume yaitu Parkir dan Kendaraan Berhenti (PSV), sedangkan pada kecepatan dan tundaan yaitu Kendaraan Keluar/Masuk sisi guna lahan jalan (EEV). Pada jalan Dr.Wahidin variabel hambatan samping yang paling berpengaruh terhadap volume dan tundaan yaitu Pejalan Kaki (PED), sedangkan pada kecepatan yaitu Parkir dan Kendaraan Berhenti (PSV).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): hambatan samping, volume lalu lintas, kecepatan, tundaan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 27 Jan 2020 02:49
Last Modified: 27 Jan 2020 02:49
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15277

Actions (login required)

View Item View Item