ASESMEN KERUSAKAN DAN REKOMENDASI METODE PERBAIKAN PADA BANGUNAN MASJID QOMARUL HUDA KEC. TANJUNG, LOMBOK UTARA PASCA GEMPA LOMBOK TAHUN 2018 ( Assessment and Recommendation of building Method Improvement for Qomarul Huda Mosque, sub-district of Tanjung, North Lombok Post the Lombok earthquake in 2018 )

RAFSANJANI, HAFZAL (2019) ASESMEN KERUSAKAN DAN REKOMENDASI METODE PERBAIKAN PADA BANGUNAN MASJID QOMARUL HUDA KEC. TANJUNG, LOMBOK UTARA PASCA GEMPA LOMBOK TAHUN 2018 ( Assessment and Recommendation of building Method Improvement for Qomarul Huda Mosque, sub-district of Tanjung, North Lombok Post the Lombok earthquake in 2018 ). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Gempa bumi adalah getaran yang terjadi dipermukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Indonesia terletak di daerah yang cukup rawan terjadinya bencana Gempa Bumi dan Tsunami. Hal ini dikarenakan Indonesia Negara kepulauan yang memiliki banyak laut dan terletak diantara beberapa lempengan yang berjalan, yaitu pertemuan 3 lempeng tektonik besar diantaranya lempeng Indonesia, yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia dan lempeng Pasific. Beberapa waktu ini terjadi gempa bumi dengan kekuatan 7,0 magnitudo yang terjadi di Lombok Utara. Daerah yang terkena dampak dari gempa ini adalah, Lombok Utara, Lombok Timur, Lombok Tengah, Sumbawa, dan Bali. Terdapat banyak infrastruktur yang rusak akibat dari gempa ini, selain rumah tinggal fasilitas umum seperti masjid juga terkena dampak dari gempa tersebut. Pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan secra langsung pasca gempa Lombok 2018 dengan melakukan survey dan asesmen pada bangunan Masjid Qomarul Huda. Asesment dilakukan terhadap engineered building dan non-engineered building. Data yang diambil meliputi tipe atau jenis kerusakan setiap elemen bangunan dan perkiraan penyebab terjadinya kerusakan. Perbaikan dan perkuatan bangunan yang rusak dilakukan pada elemen struktural maupun pada elemen non struktural pada bangunan Qomarul Huda. Tahapan pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengujian lapangan di Masjid Qomarul Huda, Lombok Utara. Pengamatan secara visual, Pemeriksaan gambar- gambar yang ada, Melakukan pemodelan ulang dengan menggunakan Software ETABS, Rekomendasi penanganan agar bangunan secara struktural bisa berfungsi dan bisa diteruskan pembangunan dan penggunaannya. Berdasarkan dari hasil Asesmen tipe-tpe kerusakan dan analisis Pemodelan Kegagalan struktur mengguanakan Software, rekomendasi perbaikan yang disarankan pada bangunan Masjid Qomarul Huda adalah Retrofitting yaitu dengan metoda jacketing yaitu penambahan tulangan pada bagian kolom dan memperbesar dimensi kolom pada struktur bangunan Masjid Qomarul Huda. Anlisis Perbesaran kolom yang di analisis dengan metoda jacketing yaitu dari dimensi kolom awal sebesar 300x300mm menjadi 400x400mm dengan penambahan diameter tulangan yaitu 8Ø16ditambahkan dengan tulangan 12Ø16. Penggunaan jacketing sebagai metode Pada komponen balok dilakukan perbesaran penampang dari 200x300mm menjadi 300x400mm dan untuk komponen nonstruktur seperti tembok diperbaiki dengan mengguakan kawat anyam dan menambahkan jangkar pada tembok baru.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gempa Lombok 2018, Asesmen, Perbaikan, Retrofitting, Jacketing
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Feb 2020 03:01
Last Modified: 05 Feb 2020 03:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15282

Actions (login required)

View Item View Item