STUDI PERBANDINGAN PEMBEBANAN GEMPA DINAMIK RESPON SPEKTRUM DAN DINAMIK RIWAYAT WAKTU PADA GEDUNG DI MATARAM Comparison Study of Earthquake Loading Between Dynamic Spectrum Response and Dynamic Time History on Building in Mataram

Mukmin, Mukmin (2020) STUDI PERBANDINGAN PEMBEBANAN GEMPA DINAMIK RESPON SPEKTRUM DAN DINAMIK RIWAYAT WAKTU PADA GEDUNG DI MATARAM Comparison Study of Earthquake Loading Between Dynamic Spectrum Response and Dynamic Time History on Building in Mataram. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR MUKMIN (F1A015093) OK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi tinggi untuk terjadi gempa bumi, karena Indonesia terletak pada pertemuan tiga lempeng tektonik utama yaitu lempeng Eurasia, Pasifik dan Indo-Australia. Analisa pembebanan gempa pada struktur gedung dapat dilakukan dengan metode dinamik respon spektrum dan dinamik riwayat waktu. Analisa dinamik respon spektrum dan dinamik riwayat waktu sama-sama menggunakan prinsip dinamik dalam meninjau perilaku struktur gedung akibat gempa. Akan tetapi beban gempa masukan yang digunakan dari kedua metode tersebut berbeda. Analisa dinamik respon spektrum menggunakan nilai respon spektrum disain yang sudah disediakan pada masing- masing wilayah gempa. Analisa dinamik riwayat waktu menggunakan rekaman gempa asli dari suatu kejadian gempa berupa akselerogram. Maka dari itu, studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbandingan hasil pembebanan gempa antara analisa dinamik respon spektrum dan dinamik riwayat waktu. Pada tudi ini gedung direncanakan berada di Kota Mataram. Untuk melihat perbandingan hasil analisa dinamik respon spektrum dan dinamik riwayat waktu, maka ditinjau 5 buah struktur dengan ketinggian yang berbeda-beda yaitu 4, 7, 10, 13 dan 16 tingkat. Pada masing-masing model struktur tersebut akan dianalisa pembebanan akibat gempa dengan metode dinamik respon spektrum dan dinamik riwayat waktu. Analisa dinamik respon spektrum menggunakan nilai respon spektrum disain Kota Mataram untuk kondisi tanah lunak. Analisa dinamik riwayat waktu menggunakan 4 data catatan gempa yang diperoleh dari situs PEER Berkeley yaitu akselerogram gempa Imperial Valley 1979, Loma Parieta 1989, Northridge 1994 dan Duzce Turkey 1999, yang kemudian akan diskalakan dengan spektrum respon wilayah Kota Mataram untuk kondisi tanah lunak. Dalam perhitungan nilai respon dinamik struktur digunakan bantuan software Matlab. Hasil studi ini menunjukkan bahwa analisa dinamik riwayat waktu memberikan hasil yang relatif lebih besar dari analisa dinamik respon spektrum dengan rekaman gempa Imperial Valley dan Loma Parieta pada tipe struktur 4, 7, 10, 13 dan 16 tingkat, dengan rekaman gempa Northridge pada tipe struktur 4, 7 dan 13 tingkat dan dengan rekaman gempa Duzce Turkey pada tipe struktur 4 dan 7 tingkat. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa besar kecilnya nilai pembebanan gempa hasil analisa dinamik riwayat waktu terhadap analisa dinamik respon spektrum dapat dipengaruhi oleh jumlah tingkat dari struktur yang di analisis dan rekaman gempa yang digunakan. Sehingga dalam analisa dinamik riwayat waktu disarankan menggunakan beberapa rekaman gempa (minimal 3 berdasarkan pada SNI 1726-2012) sehingga didapatkan hasil yang lebih akurat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Gempa, Respon Spektrum, Riwayat Waktu, Akselerogram, Matlab.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Feb 2020 03:01
Last Modified: 05 Feb 2020 03:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15283

Actions (login required)

View Item View Item