PENGARUH PENAMBAHAN RUMPUT DAN VARIASI POLA PEMASANGAN PAVING BLOCK TERHADAP LIMPASAN PERMUKAAN The Effect Of Grass Addition And Variation Installation Of Paving Block Pattern To Surface Runoff

WIDIANTI, NI KADEK ASRI RESMI (2020) PENGARUH PENAMBAHAN RUMPUT DAN VARIASI POLA PEMASANGAN PAVING BLOCK TERHADAP LIMPASAN PERMUKAAN The Effect Of Grass Addition And Variation Installation Of Paving Block Pattern To Surface Runoff. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR NI KADEK ASRI RESMI W (F1A015096)-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Semakin berkembangnya pembangunan di daerah perkotaan sebagai dampak dari pertumbuhan penduduk, pertumbuhan ekonomi, dan perkembangan pariwisata yang pesat, menyebabkan berkurangnya lahan hijau untuk resapan air ,sehingga debit limpasan permukaan meningkat yang dapat memicu banjir dan genangan air. Untuk mengurangi terjadinya banjir dan genangan, maka perlu upaya untuk mengurangi penggunaan tutupan lahan kedap air (perkerasan beton) dan menggantinya dengan tutupan lahan yang dapat meningkatkan resapan air hujan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permukaan lahan terhadap besarnya nilai koefisien limpasan permukaan (C). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat rainfall simulator. Penelitian ini menggunakan paving block berbentuk bata ukuran 20 x 10 x 8 cm dengan variasi pola pemasangan susun bata dan anyaman tikar yang dikombinasikan dengan rumput gajah mini dengan perbandingan campuran 75% : 25%. Pengukuran yang dilakukan yaitu pengukuran intensitas hujan, volume limpasan, dan koefisien limpasan permukaan (C). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan rumput gajah mini memberikan pengaruh terhadap nilai koefisien limpasan permukaan. Pada paving block tanpa penambahn rumput gajah mini memiliki nilai koefisien yang lebih besar. Dengan nilai koefisien yang dihasilkan untuk semua variasi lahan uji yaitu tanah nilai koefisien limpasan permukaan yang dihasilkan berkisar 0,39 – 0,44, penggunaan pekerasan paving block susun bata memiliki koefisien limpsan tertinggi dengan nilai berkisar 0,42 – 0,46 , paving block anyam tikar berkisar 0,41 – 0,45, paving block pola susun bata dengan penambahan rumput gajah mini nilai koefisien limpasan permukaan yang dihasilkan berkisar 0,40 – 0,45, dan paving block pola anyaman tikar dengan penambahan rumput gajah mini memiliki nilai koefisien limpasan permukaan paling kecil dengan nilai yang dihasilkan berkisar 0,36 – 0,41.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola Pemasangan Paving Block, Rumput Gajah Mini, Intensitas Hujan, Volume Limpasan, Koefisien Limpasan (C).
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Feb 2020 03:00
Last Modified: 05 Feb 2020 03:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15290

Actions (login required)

View Item View Item