PENGARUH PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT KASAR DENGAN LIMBAH PLASTIK PET DAN BAHAN TAMBAH SERAT SABUT KELAPA TERHADAP SIFAT MEKANIK BETON The Effect of Partial Replacement of Coarse Aggregate with PET Plastic Waste and Coconut Coir Fiber Additives on Concrete Mechanical Properties

PRATAMA, ILYAS ADJIE (2020) PENGARUH PENGGANTI SEBAGIAN AGREGAT KASAR DENGAN LIMBAH PLASTIK PET DAN BAHAN TAMBAH SERAT SABUT KELAPA TERHADAP SIFAT MEKANIK BETON The Effect of Partial Replacement of Coarse Aggregate with PET Plastic Waste and Coconut Coir Fiber Additives on Concrete Mechanical Properties. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR ILYAS ADJIE P.(F1A015057).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Berdasarkan data dari Sistem Pengelolaan Sampah Nasional Tahun 2018 jumlah sampah yang ditimbulkan di Kota Mataram mencapai 408 ton/ hari yang terdiri dari berbagai jenis sampah, diantaranya sampah plastik menyumbang sebesar 10,04% dari total sampah yang ada di Kota Mataram. Salah satu jenis sampah plastik adalah PET (Poly Ethylene Terephthalate) yang susah terurai secara alami. Oleh sebab itu diperlukan suatu upaya untuk mengurangi limbah plastik tersebut dengan cara menggunakannya sebagai bahan pengganti sebagian agregat kasar pada campuran beton. Penelitian ini menggunakan limbah plastik PET sebagai bahan pengganti sebagian agregat kasar dengan proporsi 3% dari berat agregat kasar dan serat kelapa sebagai bahan tambah dengan proporsi serat kelapa yang digunakan adalah 0%, 0,5%, 1%, 1,5% dan 2% terhadap berat semen dengan ukuran agregat maksimum 20 mm. Mix design menurut Standar Pekerjaan Umum digunakan sebagai acuan dalam perencanaan campuran beton dengan kuat tekan rencana (f’c) 25 MPa. Pengujian yang dilakukan yaitu uji tekan, kuat tarik belah dan kuat lentur dengan perawatan selama 28 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan limbah plastik PET memberikan pengaruh terhadap kuat tekan beton. Nilai kuat tekan beton 3% limbah plastik tanpa serat kelapa adalah 30,07 MPa dengan peningkatan sebesar 3,57% terhadap beton normal. Untuk beton menggunakan bahan tambah serat kelapa dengan proporsi 0,5%, 1%, 1,5% dan 2% mengalami nilai penurunan dengan nilai penurunan berturut-turut sebesar 13,79%, 16,61%, 19,44% dan 24,45%. Sedangkan untuk nilai kuat tarik dan kuat lentur tertinggi terjadi pada proporsi 3% limbah plastik tanpa serat. Peningkatan nilai kuat tarik dan kuat lentur pada proporsi 3% limbah plastik tanpa serat kelapa berturut-turut sebesar 8,43% dan 6,74% terhadap beton normal.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Beton, limbah plastik PET, serat kelapa, kuat tekan, kuat tarik, kuat lentur
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Feb 2020 03:00
Last Modified: 05 Feb 2020 03:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15292

Actions (login required)

View Item View Item