HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN DEMOKRATIS DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD GUGUS III CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

WASIH, BAIQ SITI JUNIA (2020) HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN DEMOKRATIS DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SD GUGUS III CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ SITI JUNIA WASIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari pendidikan demokratis dan kemampuan berpikir kritis siswa serta mengetahui hubungan antara pendidikan demokratis dengan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Gugus III Cakranegara tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Gugus III Cakranegara yang terdiri dari empat sekolah yaitu SDN Model Mataram, SDN 02 Cakranegara, SDN 21 Cakranegara, dan SDK Antonius Cakranegara dengan jumlah populasi sebanyak 97 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah probability sampling tipe simple random sampling sehingga diperoleh sampel berjumlah 78 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni angket dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dari Pearson dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 21.0 for windows. Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pendidikan demokratis dengan kemampuan berpikir kritis siswa, dimana 0,413>0,168 yang berarti nilai koefisien korelasi yang dihasilkan lebih besar daripada r tabel, dengan sig (2- tailed) 0,000<0,05 yang artinya terdapat hubungan yang positif dan signifikan. Dengan demikian HO ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan penelitian tersebut kepala sekolah dan guru perlu mendukung dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis siswa melalui pendidikan demokratis.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pendidikan demokratis, kemampuan berpikir kritis siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Feb 2020 01:33
Last Modified: 05 Feb 2020 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15306

Actions (login required)

View Item View Item