POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Studi Deskriptif Pada Orang Tua Di Desa Nae Kecamatan Sape Kabupaten Bima)

Fauziah, Nur (2020) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN BELAJAR ANAK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Studi Deskriptif Pada Orang Tua Di Desa Nae Kecamatan Sape Kabupaten Bima). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hubungan antara orang tua dengan anak sangat erat kaitannya. Untuk itu orang tua memegang peran utama dan pertama bagi anak, dan mampu tidaknya anak dalam kepercayaan dirinya ataupun kemandiriannya tergantung pada bagaimana pola asuh orang tua dalam mendidik, membimbing, dan mengarahkan anak. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua dalam mengembangkan kemandirian belajar anak di Desa Nae Kecamatan Sape Kabupaten Bima 2) untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pola asuh orang tua dalam mengemangkan kemandirian belajar anak di Desa Nae Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Pertanyaan yang ingin di jawab pada penelitian ini adalah: 1) apa saja pola asuh orang tua dalam mengembangkan kemandirian belajar anak. 2) faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi pola asuh orang tua dalam mengembangkan kemandirian belajar anak di Desa Nae Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa orang tua di Desa Nae Kecamatan Sape Kabupaten Bima menggunakan ketiga jenis pola asuh. Dari empat belas informan, orang tua yang menggunakan pola asuh demokratis sebanyak sembilan informan, orang tua yang menggunakan pola asuh otoriter sebanyak tiga informan, dan orang tua yang menggunakan pola asuh permisif di Desa Nae Kecamatan Sape Kabupaten Bima sebanyak dua informan. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi pola asuh orang tua yaitu faktor internal dan faktor eksternal

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pola Asuh Orang Tua, Kemandirian Belajar Anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:02
Last Modified: 18 Feb 2020 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15322

Actions (login required)

View Item View Item