PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK

AMINAH, SITI (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS FISIKA PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SITI AMINAH (E1Q015064).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kuantum berbantuan simulasi PhET terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian untreated control group design with pretest and posttest. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIA MAN 2 Mataram tahun ajaran 2019/2020 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Terdapat dua sampel yang diambil yaitu kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 6 sebagai kelas kontrol. Jenis tes yang digunakan yaitu 20 soal pilihan ganda untuk penguasaan konsep dan 5 soal uraian untuk kemampuan berpikir kritis. Nilai rata-rata hasil posttest untuk penguasaan konsep untuk kelas eksperimen dan kontrol adalah 54,29 dan 44,54. Nilai rata-rata hasil posttest untuk kemampuan berpikir kritis untuk kelas eksperimen dan kontrol adalah 73,81 dan 63,41. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji MANOVA. Hasil uji hipotesis menggunakan uji MANOVA menunjukkan signifikan 0,043 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran kuantum berbantuan simulasi PhET terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis fisika peserta didik. Kata kunci: Kuantum, Penguasaan Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis, PhET.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kuantum, Penguasaan Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis, PhET.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:02
Last Modified: 18 Feb 2020 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15323

Actions (login required)

View Item View Item