HAAR WAVELET UNTUK EKSTRAKSI FITUR ENERGI, STANDAR DEVIASI, DAN HISTOGRAM DALAM SISTEM TEMU KEMBALI CITRA

PANDEY, ADI SUGITA (2020) HAAR WAVELET UNTUK EKSTRAKSI FITUR ENERGI, STANDAR DEVIASI, DAN HISTOGRAM DALAM SISTEM TEMU KEMBALI CITRA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Laporan Skripsi - F1D012001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Temu kembali citra awalnya menggunakan query berupa teks untuk mencari citra pada database. Pencarian citra menggunakan query berupa teks memiliki kelemahan karena keterbatasan pendeskripsian informasi yang disimpan atau diberikan oleh manusia terhadap metadata pada sebuah citra yang tidak konsisten hal itu sangat berpengaruh terhadap durasi pencarian sebuah citra pada database. Content based image retrieval (CBIR) merupakan aplikasi pengolahan citra untuk menemukan citra yang dicari pada database citra yang besar berdasarkan query atau permintaan pengguna. Teknik CBIR memanfaatkan fitur yang ada pada citra, yaitu warna, tekstur, dan bentuk. Fitur-fitur tersebut nantinya digunakan sebagai dasar pencarian citra pada database citra. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode Haar wavelet untuk ekstraksi ciri warna berupa fitur global color histogram dan local color histogram dan ciri tekstur berupa fitur energi dan standar deviasi. Kemudian fitur yang ditemukan dilakukan pencocokan dengan fitur yang disimpan pada database menggunakan metode Euclidian distance. Pada penelitian ini penulis menggunakan dataset corel sebagai bahan penelitian. Dataset yang digunakan dikelompokan menjadi 4 kategori yaitu dinosaurus, bus, bunga dan kuda. Masing-masing kategori terdiri dari 100 citra dimana 70% merupakan citra latih dan 30% merupakan citra uji. Hasil penelitian menunjukan nilai precision fitur gabungan semua fitur mendapatkan nilai 95,83% dan nilai recall 80,93%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): CBIR, temu kembali citra, haar wavelet, euclidian distance, global color histogram, local color histogram, energi, standar deviasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:02
Last Modified: 18 Feb 2020 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15324

Actions (login required)

View Item View Item