RACHMAWATI, INTAN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII SMPN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Skripsi Intan Rachmawati E1R115026 Pendidikan Matematika FKI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaraan Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bentuk aljabar siswa kelas VII SMPN 1 Mataram tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan quasi experimental dengan the posttest only design with nonequivalent group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Mataram tahun ajaran 2019/2020. Dalam menentukan sampel digunakan teknik purposive sampling, dimana sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-I sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-H sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika (posttest) pada materi bentuk aljabar. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara kelas yang memperoleh pembelajaran TAPPS dan pembelajaran langsung. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bentuk aljabar siswa kelas VII SMPN 1 Mataram tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | model pembelajaran, thinking aloud pair problem solving (TAPPS), kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Wiwin Kartikawati |
Date Deposited: | 18 Feb 2020 01:02 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 01:02 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15325 |
Actions (login required)
View Item |