PENGARUH SALINITAS BERBEDA TERHADAP DAYA TETAS, WAKTU PENETASAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus)

Dewi Fitri, Kusuma Dewi (2020) PENGARUH SALINITAS BERBEDA TERHADAP DAYA TETAS, WAKTU PENETASAN DAN KELANGSUNGAN HIDUP LARVA IKAN LELE DUMBO (Clarias gariepinus). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI KUSUMA DEWI FITRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salinitas dalam perairan dapat berpengaruh terhadap proses perkembangan dan pertumbuhan ikan terutama dalam proses osmoregulasi, kerja osmotik, daya absopsi air dan proses pengerasan selaput khorion pada telur, penetasan telur dan kelangsungan hidup larva ikan lele. Ikan lele memiliki toleransi yang cukup luas terhadap suatu perairan. Penambahan salinitas pada media hidup merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk mempercepat daya tetas dan meningkatkan kelangsungan hidup ikan. Tujun penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh salinitas berbeda terhadap daya tetas, waktu penetasan dan kelangsungan hidup larva serta mengetahui salinitas optimum perkembangan dan kelangsungan hidup larva ikan lele dumbo (Clarias gariepinus). Penelitian ini dilakukan dari bulan Juli sampai Oktober 2019. Bertempat di Laboratorium Basah Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian Universitas Mataram. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan dan 5 ulangan, yaitu P1 0 ppt, P2 4 ppt dan P3 6ppt. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA pada taraf kepercayaan 95% melalui program SPSS dan di uji lanjut menggunakan uji Duncan untuk mengetahui perlakuan terbaik. Parameter yang diamati meliputi daya tetas, waktu penetasan, panjang larva dan kelangsungan hidup larva ikan lele. Hasil penelitian menunjukkan bahwa salinitas berpengaruh secara signifikan terhadap daya tetas, waktu penetasan, panjang larva dan kelangsungan hidup ikan, namun cenderung memberikan hasil yang lebih tinggi pada salinitas 4 ppt dan Perlakuan antara salinitas 0 ppt (P1) dengan salinitas 4 ppt (P2), meskipun tidak berbeda secara signifikan namun cenderung memberikan hasil tertinggi dan terbaik dengan penetasan telur tertinggi, waktu penetasan yang lebih cepat, panjang total larva dan kelangsungan hidup larva larva ikan lele dumbo (C. gariepinus)

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Salinitas, Ikan Lele (Clarias gariepinus), Daya Tetas, Waktu Penetasan, Kelangsungan Hidup
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:02
Last Modified: 18 Feb 2020 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15327

Actions (login required)

View Item View Item