PEMANFAATAN BERITA POLITIK PADA SIARAN TELEVISI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PPKn (Di MTs. Nurussalam Tetebatu, Kec. Sikur, Kab. Lotim)

Hunaeni, Harianti (2020) PEMANFAATAN BERITA POLITIK PADA SIARAN TELEVISI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PPKn (Di MTs. Nurussalam Tetebatu, Kec. Sikur, Kab. Lotim). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berita politik merupakan salah satu komponen pengajaran yang memegang peranan penting dalam proses penyampaian pesan materi, sehingga dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Berita politik di sini adalah berupa informasi yang disiarkan oleh televisi. Berita politik dijadikan sebagai media pembelajaran yang dapat berpengaruh bagi siswa. Oleh karena itu, media pembelajaran menjadi salah satu syarat yang harus dikuasai oleh guru profesional. Sehingga berita politik dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bagi guru khususnya pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui siaran televisi berita politik yang dimanfaatkan guru PPKn sebagai media pembelajaran PPKn, cara pemanfaatan berita politik sebagai media pembelajaran PPKn, dan manfaat dari berita politik sebagai proses pembelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian terungkap bahwa tidak semua siaran televisi berita politik dapat dijadikan sumber media pembelajaran PPKn, karena harus disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Bentuk pemanfaatan berita politik yang dijalankan siswa dengan cara kelompok. Jadi semua siswa menonton tayangan televisi yang dijadikan media pembelajaran PPKn. Setelah menonton, masing-masing kelompok mendiskusikan tentang apa yang telah ditonton. Manfaat dari berita politik terhadap pembelajaran PPKn diantaranya dapat menambah pengetahuan politik siswa, dapat membedakan masalah-masalah politik dengan masalah lainnya, dan dapat mengetahui masalah- masalah politik yang terjadi pada saat sekarang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Berita, Politik, Televisi, dan Media
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:02
Last Modified: 18 Feb 2020 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15338

Actions (login required)

View Item View Item