PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 LINGSAR TAHUN AJARAN 2019/2020

FITRIANA, WIDYA LESTARI (2020) PENGARUH KEMAMPUAN VERBAL DAN KEMAMPUAN NUMERIK TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 LINGSAR TAHUN AJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL-FITRIANA WIDYA LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika, untuk mengetahui pengaruh kemampuan verbalterhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika, dan untuk mengetahui pengaruh kemampuan numerikterhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lingsar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lingsar. Dalam menentukan sampel digunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Lingsar. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda dan analisis regresi linear sederhana. Dari hasil analisis data terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan verbal dan kemampuan numerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lingsar tahun ajaran 2019/2020 dan terdapat pengaruhyang signifikan antara kemampuannumerik terhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika siswa. Tetapi tidak terdapat pengaruhyang signifikan antara kemampuanverbalterhadap kemampuan menyelesaikan soal matematika siswakelas VIII SMP Negeri 3 Lingsar tahun ajaran 2019/2020. Sehingga ketika skor kemampuanverbal dan skor kemampuannumerik maksimum maka skor kemampuan menyelesaikan soal matematika tidak maksimum.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kemampuanverbal, kemampuannumerik, kemampuan menyelesaikan soal matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:01
Last Modified: 18 Feb 2020 01:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15350

Actions (login required)

View Item View Item