PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 JONGGAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SURIANINGRUM, ANWAR (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 JONGGAT TAHUN PELAJARAN 2019/2020. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ARTIKEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 5 Jonggat tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 5 Jonggat dan teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas VIII.C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.B sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dan kelas kontrol diterapkan model pembelajaran langsung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik tes dan observasi. Instrumen tes yang digunakan adalah soal posttest untuk mengukur prestasi belajar matematika siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel serta observasi dilakukan untuk melihat kegiatan pembelajaran di dalam kelas sudah berjalan sesuai dengan RPP dan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji mann-whitney untuk menguji dua perbedaan median dari dua sampel yang diambil secara independent dan uji effect size untuk mengetahui besar pengaruh dari penerapan model pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa terdapat perbedaan rata-rata prestasi belajar metamtika siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dengan siswa yang menerapkan model pembelajaran langsung dan hasil uji effect size menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two berpengruh terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan kategori tinggi dan persentase keberhasilan dalam menerapkan model pembelajaran The Power of Two yaitu 79%. Jika dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII SMPN 5 Jonggat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:01
Last Modified: 18 Feb 2020 01:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15352

Actions (login required)

View Item View Item