TINGKAT ADOPSI INOVASI SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO OLEH PETANI DI KECAMATAN AIKMEL (STUDI KASUS UPSUS PAJALE PADI DI KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR)

APWAN, MUHAMMAD (2020) TINGKAT ADOPSI INOVASI SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO OLEH PETANI DI KECAMATAN AIKMEL (STUDI KASUS UPSUS PAJALE PADI DI KECAMATAN AIKMEL KABUPATEN LOMBOK TIMUR). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-MUHAMMAD APWAN-C1G212113.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat adopsi petani pada sistem tanam padi jajar legowo khusus pada tahap penanaman, 2) kendala-kendala yang mempengaruhi petani dalam mengadopsi sistem tanam padi jajar legowo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif dengan unit analisis petani yang mandapatkan penyuluhan tentang sistem tanam jajar legowo di Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombot Timur. Hasil penelitian menunjukkan 1) tingkat adopsi petani responden berada pada kategori tinggi yaitu sebanyak 19 orang petani respoden atau 63%, petani responden mengadopsi inovasi sistem jajar legowo sesuai dengan yang dianjurkan oleh penyuluh pada saat sosialisasi, 2) adapun kendala-kendala yang dihadapi petani responden dalam menerapkan inovasi sistem tanam padi jajar legowo yaitu kesulitan dalam menanam 26 responden atau 87%, ongkos tenaga kerja yang mahal 23 responden atau 77%, kekurangan modal 19 orang responden atau 63%, dan pengolahan lahan lebih mahal dan lama 17 responden atau 57%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Upsus Pajale, Tingkat Adopsi Inovasi
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:00
Last Modified: 18 Feb 2020 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15366

Actions (login required)

View Item View Item