PENGARUH EKSTRAK SEREH (Cymbopogon nardus) DALAM MENGHAMBAT PERKEMBANGAN JAMUR ROTI Aspergillus oryzae DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI PELARUT N-HEKSANA- ETANOL

HARTANTO, PRIYO HARTA (2020) PENGARUH EKSTRAK SEREH (Cymbopogon nardus) DALAM MENGHAMBAT PERKEMBANGAN JAMUR ROTI Aspergillus oryzae DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI PELARUT N-HEKSANA- ETANOL. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PRIYO HARTANTO E1015048.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekstrak sereh (Cymbopogon nardus) dalam menghambat perkembangan jamur roti Aspergillus oryzae dengan menggunakan kombinasi pelarut n-heksana-etanol. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh jenis jamur yang diisolasi dari roti. Adapun sampel yang digunakan yaitu jamur Aspergillus oryzae yang diisolasi dari roti. Ekstraksi sereh dilakukan dengan metode maserasi dengan pelarut n-heksana dan etanol secara terpisah, dilanjutkan dengan mencampurkan 2 pelarut dengan kombinasi n-heksana : etanol masing- masing sebagai berikut: 1:1; 2:1 dan 1:2 sebelum dievaporasi. Uji daya hambat ekstrak sereh terhadap jamur Aspergillus oryzae dilakukan dengan menanam jamur pada media PDA yang telah disuplementasi ekstrak sereh dengan konsentrasi 0,6%; 0,8% dan 1%. Data dianalisis menggunakan uji analisis keragaman (Analysis of variance) 2 jalur pada taraf signifikansi 95%, dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Jujur (BNJ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi pelarut n-heksana-etanol 1:2 dengan konsentrasi ekstrak sereh 1% merupakan kombinasi terbaik dalam menghambat pertumbuhan jamur Aspergillus oryzae (1/4 diameter koloni miselium kontrol) dan menunjukkan aktivitas penghambatan sebesar 74% (kategori penghambatan kuat).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): kstrak sereh, daya hambat, aktivitas penghambatan, Aspergillus oryzae, N-Heksana-Etanol.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 01:00
Last Modified: 18 Feb 2020 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15367

Actions (login required)

View Item View Item