UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL BIJI BUAH WALI (Brucea javanica (L) Merr) MENGGUNAKAN METODE DPPH

RISNADEWI, WIDIA NILA (2020) UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL BIJI BUAH WALI (Brucea javanica (L) Merr) MENGGUNAKAN METODE DPPH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Widia Nila Risnadewi - Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanol Biji Buah Wali (Brucea javanica (L) Merr) Menggunakan Met~1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Radikal bebas merupakan atom atau molekul yang memiliki elektron tidak berpasangan yang bersifat sangat reaktif dan tidak stabil. Radikal bebas dalam keadaan teraktivasi dapat merusak komponen-komponen sel seperti protein, lipid, karbohidrat, dan DNA. Dengan demikian senyawa antioksidan alami sangat dibutuhkan untuk menghambat radikal bebas. Tumbuhan Wali (Brucea javanica (L) Merr) merupakan salah satu tumbuhan yang berpotensi sebagai antioksidan alami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas antioksidan dengan metode DPPH dan kadar fenolik total ekstrak etanol biji buah Wali hasil maserasi dan soxhletasi. Ekstrak etanol biji buah Wali hasil maserasi dan soxhletasi berdasarkan hasil skrining fitokimia mengandung flavonoid, tanin, terpenoid dan alkaloid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol biji buah Wali hasil maserasi memiliki aktivitas antioksidan kuat dengan nilai IC50 64,703 ppm dan kadar fenolik total rata-rata sebesar 4.946,35 ± 139,17 mg GAE/100g sampel, sedangkan ekstrak etanol biji buah Wali hasil soxhletasi memilikia aktivitas antioksidan sedang dengan nilai IC50 121,739 ppm dan kadar fenolik total rata-rata sebesar 3.830,72 ± 176,67mg GAE/100g sampel. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas antioksidan dan kadar fenolik total yang signifikan antara ekstrak etanol biji buah Wali hasil maserasi dan soxhletasi dengan nilai p < 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Brucea javanica (L) Merr, Antioksidan, Maserasi, Soxhletasi, DPPH, Fenolik Total, IC50
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 00:59
Last Modified: 18 Feb 2020 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15373

Actions (login required)

View Item View Item