INTEGRASI OPTIMASI JANGKA PANJANG DAN JANGKA PENDEK DAERAH IRIGASI DAS JANGKOK MENGGUNAKAN PROGRAM LINIER ANALYSIS OF INTEGRATION OF LONG-TERM OPTIMIZATION AND SHORT- TERM OPTIMIZATION OF JANGKOK WATERSHED IRRIGATION AREA USING A LINEAR PROGRAMMING

Hirawati, Siltia Novri (2020) INTEGRASI OPTIMASI JANGKA PANJANG DAN JANGKA PENDEK DAERAH IRIGASI DAS JANGKOK MENGGUNAKAN PROGRAM LINIER ANALYSIS OF INTEGRATION OF LONG-TERM OPTIMIZATION AND SHORT- TERM OPTIMIZATION OF JANGKOK WATERSHED IRRIGATION AREA USING A LINEAR PROGRAMMING. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
INTEGRASI OPTIMASI-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Daerah Aliran Sungai (DAS) Jangkok berada di dalam Wilayah Sungai Pulau Lombok yang memiliki luas sebesar 170,29 km² dengan panjang sungai utama sebesar 48,87 km. Pemanfaatan air pada DAS Jangkok salah satunya untuk keperluan irigasi dimana pada DAS Jangkok terdapat 7 bendung yang melayani areal irigasi seluas 2856 ha ditambah dua bendung yang mengalirkan air ke saluran HLD (High Level Diversion) dan sebuah suplesi sehingga total luasnya sebesar 4928,12 ha. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan pendistribusian air secara proporsional, adil dan seimbang sesuai kebutuhan yaitu dengan melakukan optimasi menggunakan program linier. Analisis optimasi yang dilakukan dalam studi ini terdiri dari dua macam yaitu optimasi jangka panjang dan optimasi jangka pendek. Tujuan studi ini yaitu untuk mengetahui perbandingan keuntungan dari masing-masing optimasi dimana setiap optimasi memiliki periode waktu yang berbeda. Hasil analisis integrasi optimasi jangka panjang dan optimasi jangka pendek daerah irigasi DAS Jangkok menggunakan program linier yaitu optimasi jangka pendek yang masa pemberian air irigasinya selama 15 harian memperoleh keuntungan yang lebih besar dari pada optimasi jangka panjang yang masa pemberian air irigasinya dilakukan selama setahun. Total keuntungan yang diperoleh adalah Rp. 143.223.400.313,00 yaitu dengan intensitas tanam 300% dimana untuk optimasi jangka pendek terjadi pada debit andalan 50% dan 20% sedangkan pada optimasi jangka panjang tidak ada luas areal irigasi dengan intensitas tanam 300%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Integrasi, Optimasi, Jangka Panjang, Jangka Pendek, Program Linier
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 00:59
Last Modified: 18 Feb 2020 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15374

Actions (login required)

View Item View Item