PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, PERENCANAAN, DAN PELAKSANAANNYA TERHADAP CAPAIAN STANDAR ISI, PROSES, PENILAIAN, DAN KOMPETENSI LULUSAN JENJANG SMP DI KOTA BIMA

RIYADI, IBNU WAHYU (2020) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, PERENCANAAN, DAN PELAKSANAANNYA TERHADAP CAPAIAN STANDAR ISI, PROSES, PENILAIAN, DAN KOMPETENSI LULUSAN JENJANG SMP DI KOTA BIMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Tesis Ibnu MAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi, analisis, dan diskripsi pengaruh supervisi akademik,perencanaan dan pelaksanaannya terhadap standar isi, proses, penilaian, dan kompetensi lulusan jenjang SMP di Kota Bima.Pendekatan yang digunakan adalah ex post facto dengan variabel independen yaitu supervisi akademik, perencanaan, dan pelaksanaannya, sedangkan variabel dependen terdiri dari standar isi, proses, penilaian, dan kompetensi lulusan. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru SMP di Kota Bima. Pegumpulan data diambil dengan menggunakan instrumen angket. Hasil Uji Normalitas menunjukkan data berdistribusi normal.Teknik pengujian hipotesis yang digunakan adalah korelasi kanonik. Hasil analisis data menunjukkan ada pengaruh signifikan supervisi akademik, perencanaan, dan pelaksanaannya terhadap standar isi, proses, penilaian, dan kompetensi lulusan jenjang SMP di Kota Bima. Berdasarkan penelitian ini, direkomendasikan agar kepala sekolah mengoptimalkan perencanaan dan pelaksanaan karena supervisi akademik itu sendiri memiliki pengaruh positif terhadap standar isi, proses, penilaian, dan kompetensi lulusan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Perencanaan, Pelaksanaan, Supervisi Akademik, Standar Nasional Pendidikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 00:59
Last Modified: 18 Feb 2020 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15375

Actions (login required)

View Item View Item