Workshop dan Pendampingan Guru-Guru Bahasa Inggris Kota Mataram dalam Mengembangkan Materi Blended-Learning Berbasis Google Classroom

Sujana, I Made (2019) Workshop dan Pendampingan Guru-Guru Bahasa Inggris Kota Mataram dalam Mengembangkan Materi Blended-Learning Berbasis Google Classroom. LPPM UNRAM. (Unpublished)

[img] Text
Ringkasan untuk Repository.docx

Download (732kB)

Abstract

Era Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan digitalisasi dan otomatisasi dalam berbagai aspek kehidupan, guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam perencanaan dan pengelolaan pembelajaran. Guru dalam era ini selalu dituntut melakukan inovasi pembelajaran. Memenuhi tuntutan di atas, salah satu inovasi yang dapat dikembangkan oleh guru adalah merancang pembelajaran Blended (Blended Learning), yaitu pembelajaran yang memadukan pembelajaran tatap muka (face-to-face) dengan pembelajaran berbasis teknologi (online) (Banados, 2006; Friesen, 2012; Johnson & Marsh, 2014; Kaur, 2013; Whittaker, 2013). Untuk melaksanakan Blended/Hybrid Learning, berbagai perusahan ICT telah membuatkan guru berbagai software dan website pembelajaran online (Learning Managment System/LMS) untuk memudahkan mengelola pembelajaran. Salah satu LMS gratis dalam dunia pendidikan adalah Google Classroom (GC).Dari pelaksanaan kegiatan dapat disimpulkan antara lain (1) kegiatan PKM telah berjalan sesuai dengan perencanaan dengan melibatkan 20 orang guru dan mahasiwa dan difasilitasi oleh 4 orang tim pengabdian, (2) khalayak sasaran telah mampu mengisi konten GC mata kuliah masing-masing, dan (3) khalayak sasaran telah memiliki pengetahuan tentang pemanfaatan Google Forms dalam menunjang pembelajaran dan survei.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Blended Learning, Google Classroom, Guru Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: I Made Sujana
Date Deposited: 18 Feb 2020 00:59
Last Modified: 18 Feb 2020 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15378

Actions (login required)

View Item View Item