HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DAN USIA AWAL PEMBERIAN MPASI DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BADUTA DI DESA LOCUS STUNTING KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Fitratunnisa, Salsabila (2020) HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DAN USIA AWAL PEMBERIAN MPASI DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BADUTA DI DESA LOCUS STUNTING KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NASKAH PUBLIKASI - salsabila fitratunnisa (H1A016077).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)

Abstract

Latar Belakang: Sumber nutrisi utama untuk anak dibawah 2 tahun adalah ASI eksklusif dan MPASI. Pemberian ASI eksklusif dan MPASI yang tidak tepat dapat menyebabkan kurangnya nutrisi yang diterima anak sehingga anak dapat mengalami kekurangan gizi yang berakibat pada terganggunya pertumbuhan dan perkembangannya sehingga dapat mempengaruhi terjadinya stunting. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Subjek penelitian adalah 115 baduta di desa locus stunting Kabupaten Lombok Tengah. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner ASI dan MPASI yang telah divalidasi serta pengukuran panjang badan anak. Analisis data dilakukan dengan uji Chi square. Hasil: Terdapat 33,9% baduta mengalami stunting, 41,7% tidak mendapat ASI eksklusif dan 18,3% tidak mendapatkan pemberian MPASI pertama kali usia 6 bulan. Berdasarkan uji statistik Chi square terdapat hubungan yang signifikan antara pemberian ASI eksklusif dengan kejadian stunting(p=0,043). Namun tidak ditemukan hubungan antara usia awal pemberian MPASI dengan kejadian stunting(p=0,123). Simpulan : Pemberian ASI eksklusif berpengaruh terhadap kejadian stunting tetapi usia awal pemberian MPASI tidak berpengaruh terhadap kejadian stunting.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Stunting, ASI Eksklusi, MPASI, locus stunting, baduta
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 00:59
Last Modified: 18 Feb 2020 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15380

Actions (login required)

View Item View Item