PENGARUH LEVEL PENAMBAHAN CAMPURAN CURD KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris) DENGAN KACANG TUNGGAK (Vigna ungiculata ) SEBAGAI PANGAN FUNGSIONAL TERHADAP KANDUNGAN NUTRISI, DAYA TAHAN DAN NILAI ORGANOLEPTIK SOSIS DAGING AYAM

NURMOURSYIDAH, NURMOURSYIDAH (2020) PENGARUH LEVEL PENAMBAHAN CAMPURAN CURD KACANG MERAH (Phaseolus vulgaris) DENGAN KACANG TUNGGAK (Vigna ungiculata ) SEBAGAI PANGAN FUNGSIONAL TERHADAP KANDUNGAN NUTRISI, DAYA TAHAN DAN NILAI ORGANOLEPTIK SOSIS DAGING AYAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
20190906 SKRPSI Nurmoursyida Revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian tentang penambahan level campuran curd kacang merah (Phaseolus vulgaris) dengan kacang tunggak (Vigna ungiculata) sebagai sumber pangan fungsional terhadap kandungan nutrisi, daya tahan dan nilai organoleptik sosis daging ayam telah dilakukan di Laboratorium Teknologi Pengolahan Hasil Ternak dan Laboratorium Ilmu Nutrisi Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Materi yang digunakan adalah daging ayam sebanyak 3348 gram untuk pembuatan sosis yang dibagi menjadi 4 (empat) bagian yaitu kontrol (P0), P1 (curd 10%), P2 (20%), P3 (30%). Variabel yang diamati terdiri dari kandungan nutrisi ( Kadar air, kadar abu, kadar lemak dan kadar protein) dab dianalisis menggunakan analisis of varian (ANOVA) daya tahan yang diamati secara visual dan diuraikan secara deskriptif; uji organoleptik (aroma, rasa, warna dan penerimaan keseluruhan) yang dianalisis menggunakan Friedmant test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penambahan campuran curd kacang merah dengan kacang tunggak memberi pengaruh yang sangat nyata (P<0,01) terhadap kandungan nutrisi sosis daging ayam dengan meningkatkan kadar air, kadar protein, kadar lemak dan menurunkan kadar abu. kadar air tertinggi yaitu 69,97±0,27% yang terendah 63,79±1,19%, kadar abu tertinggi yaitu 1,75±0.03% dan yang terendah 1,03±0,02%, kadar protein tertinggi 10,10±0,07% dan terendah 7,80±0,22% dan kadar lemak tertinggi 4,44±0,35% dan terendah 0,83±0,11%. Penambahan campuran curd kacang merah dengan kacang tunggak tidak memberi pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap pH sosis daging ayam dan tidak meningkatkan daya tahan. Penambahan campuran curd kacang merah dengan kacang tunggak tidak memberi pengaruh yang nyata (P>0,05) terhadap rasa dan tekstur sedangkan untuk warna, aroma dan penerimaan keseluruhan penambahan curd memberikan pengaruh yang nyata (P<0,05). Penambahan campuran curd kacang merah dengan kacang tunggak pada sosis daging ayam yang terbaik yaitu pada level 30%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): sosis ayam, curd, kacang merah, kacang tunggak, kandungan nutrisi, daya tahan, pH, nilai organoleptik.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Fakultas Teknik
Fakultas Teknologi Pangan dan Agroindustri
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 00:59
Last Modified: 18 Feb 2020 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15385

Actions (login required)

View Item View Item