UPACARA ADAT BEBIJA TAWAR KAJIAN SEMIOTIKA PERSPEKTIF ROLAND BARTHES DI DESA SEMBALUN BUMBUNG, KECAMATAN SEMBALUN, KABUPATEN LOMBOK TIMUR

NAZMI HALIM, M. (2020) UPACARA ADAT BEBIJA TAWAR KAJIAN SEMIOTIKA PERSPEKTIF ROLAND BARTHES DI DESA SEMBALUN BUMBUNG, KECAMATAN SEMBALUN, KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)

Abstract

Prosesiadatbebijatawarinimerupakanwarisanleluhur yang harusdilestarikan dan pertahankankarena pada masa sekaranginimulaikurangmendapatperhatian, terutamadikalanganmuda. Permasalahan yang diangkatbagaimanakahprosesidenganmaknaberbagaitanda pada upacaraadatbebijatawarkajiansemiotikaperspektifRoland Barthes di DesaSembalunBumbungKecamatanSembalunKabupetenLombok Timur. Tujuanpenelitianinimendeskripsikanmaknatanda pada prosesiUpacaraAdatBebijaTawar Di SembalunBumbungKecamatanSembalunKabupaten Lombok Timur. Metodepengumpulan data yang digunakanadalahmetodeobservasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analaisi data dalampenelitianiniberupamenganalis data menggunakanbagansemiotikaRoland Barthes yang mengacu pada bagansemiotikaRoland Barthes. Hasil penelitianiniditemukandelapantanda yang memilikimaknasecarakeseluruhanyaituAiq timba bau, PenginepanAiq, Rapeqlekoqbuaq, pengirisanjeruknipis, zikir, pantok due gong, sembek dan bagiqaiq. DapatditarikkesimpulandaripenelitianinidapatdisimpulkanbahwaprosesiUpacaraAdatBebijaTawar Di DesaSembalunBumbungKecamatanSembalunKabupaten Lombok Timurmerupakanupacarapengambilan air untukpengobatantanaman. Karena sesuaidengansejarahupacaraadatinibahwamata air timba bau yang digunakanuntukmenawarkanracun yang merusaktanaman di sawahpendudukasli.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: semiotika, semiotikarolandbarthes dan upacarabebijatawar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 00:59
Last Modified: 18 Feb 2020 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/15388

Actions (login required)

View Item View Item